Bore up adalah suatu cara yg di gunakan untuk memperbesar volume mesin dengan membesarkan bore (diameter ruang mesin termasuk pistonya) sehinngga akan menambah volume mesin atau cc mesin
yg pernah ane lakukan pada motor ane adalah bore up 135cc dengan piston hi speed 54.5mm. piston yg udah ngga asing di dunia balap ini mempunyai ring piston yg tipis seperti pada Jupiter Z1 standar.
piston di papas pantatnya dan bagian dome nya disesuaikan agar kompresinya tidak terlalu tinggi, menurut perhitungan ane kompresinya jadi skitar 11,1:1dari standart 9.3:1
Porting Polish wajib dan mutlak klo udah urusan bore up agar aliran gas lancar jaya menuju ke mesin
ubahan selanjutnya adalah pada bagian noken as atau camshaft, ane pake cld c2 untuk mio j, noken mio j lebih panjang 2mm dibanding aslinya z1, tapi noken bisa di pasang plug and play tanpa masalah
kenalpot ane pke SMF alias sakura, sedangkan untuk urusan asupan bensin ane lengserkan ecu std dengan ECU BRT JUKEN 2 untuk jupiter z1,
hasil nya saat naik ke Dyno jet milik BRT dengan ECU STD power mentok 11,8 hp di ban belakang dan ketika di ganti dengan juken serta memajukan timing power bisa menyentuh 14,1 pada ban belang ya, bukan di crankshaft... :)
motor ane lagi naik Dyno jet 250i
sayangnya malah hasill Dyno nya ga ane fotoin ane milih di kirim via Email aja maksud ane biar jelas, eh malah ngga di kirimin :(
STD jupiter z1 10.6 ps...setelah pake juken 2,hasilnya apa?
BalasHapusKlo realnya di roda belakang ga sampe segitu bro, pabrikan biasanya ngukur power on crank, klo di roda belakang mesin std paling 8hp
BalasHapusKlo realnya di roda belakang ga sampe segitu bro, pabrikan biasanya ngukur power on crank, klo di roda belakang mesin std paling 8hp
BalasHapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusSama noken brt lbh enak mana bro
BalasHapusSama noken brt lbh enak mana bro
BalasHapusSm noken brt lbh enak mana beo
BalasHapusKena brpa smuanya bro
BalasHapusBore up jdi 135cc
Hbis brpa duit?